Rabu, 02 Januari 2008

Pilih Mainan Sesuai Usia


Bermain kerap disebut juga "pekerjaan masa kecil". Dan mainan merupakan alat untuk membantu mengembangkan kemandirian, alat pendukung untuk saling berbagi, dan alat yang menstimulasi perkembangan serta kreativitas anak.

Sangat penting untuk memastikan bahwa mainan apa pun yang diberikan ke bayi atau anak telah melalui standar keamanan dan keselamatan. Untuk mainan produk Eropa, misalnya, bisa dilihat melalui tanda CE yang tertera pada mainan tersebut. Bila tidak memiliki tanda tersebut, biasanya tidak akan dibeli oleh para orangtua karena mereka tidak mau mengambil risiko keselamatan dan keamanan bagi bayi atau anaknya.

Nah, apakah Anda telah memiliki pengalaman yang cukup tentang mainan yang akan diberikan ke anak? Bila belum, bertanyalah pada orangtua yang berpengalaman, bagaimana mereka telah berhasil memberikan mainan pada anak-anak sesuai dengan usia serta jenis kelaminnya. Anda pun dapat mencarinya melalui internet dan mencari tahu apakah mainan tersebut memiliki standar keselamatan dan keamanan bagi anak-anak.

Berikut ini langkah-langkah yang tak kalah pentingnya untuk Anda simak sebelum memutuskan membeli mainan untuk si kecil

* Lakukan sendiri
Terus lakukan pengecekan terhadap uji keamanan dan keselamatan mainan yang Anda berikan pada si kecil. Pertimbangkan usia anak karena pada umur-umur tertentu, saat di mana gigi akan tumbuh, bayi akan menggigit apa saja yang mereka pegang, termasuk mainan. Hati-hati dengan mainan yang dapat dimasukkan dalam mulut. Hindari semua mainan yang memiliki tali, berbentuk tajam, terbuat dari bahan kaca atau yang kira-kira membahayakan.

* Sesuai usia
Sangat penting untuk membeli mainan sesuai dengan umur bayi atau anak dan sangat dianjurkan untuk membeli mainan dengan menyesuaikannya dengan usia mereka. Sebaiknya pilih mainan yang dapat membuat bayi berkembang dan belajar lebih banyak. Anak-anak yang lebih muda lebih cepat mengembangkan keterampilan motorik, sementara anak usia di atas setahun akan lebih cocok dengan mainan yang membutuhkan pemecahan masalah dan yang lebih fisikal.

* Pertimbangkan jangka waktu
Bila mencari mainan, pikirkan berapa lama mainan tersebut dapat digunakan. Apakah mainan tersebut dapat dimainkan dengan berbagai macam cara sehingga bayi Anda akan tertarik dan tidak bosan serta apakah mainan tersebut masih dapat dimainkan sampai usia tertentu atau apakah mainan itu bisa diberikan kepada orang lain sesudah beberapa bulan masa pembeliannya berlalu. Sejumlah mainan berkembang melalui tiga tahapan untuk menjaga agar bayi atau anak tertarik dan dapat dimainkan pada saat bayi duduk, berbaring, ataupun berdiri.

* Teliti sebelum membeli
Bila membeli mainan bayi, baca panduannya terlebih dahulu dan pahami kegunaannya. Bayi melalui beberapa tahapan perkembangan dan Anda tentu ingin memastikan bahwa keterampilan yang dipelajari oleh si kecil melalui mainan tersebut sesuai dengan usia mereka.

* Sesuai selera anak
Walaupun menurut Anda mainan itu terlihat menarik, pelajari terlebih dahulu apakah sesuai dengan usia bayi atau anak Anda atau pastikan mainan tersebut akan digemari oleh si kecil. Bayi, misalnya, senang memainkan tatakan dengan beraneka ragam gambar. Melalui gambar-gambar yang ditampilkan anak-anak mengenal dan mempelajari berbagai macam benda, baik benda mati maupun benda hidup. Melalui permainan ini mereka dapat mengasah kepekaan dan belajar tentang dunia di sekitar mereka. Jangan lupa, bayi datang ke dunia sebagai alien dan mereka belajar mengenai dunia mereka.

Penting pula bagi Anda untuk menyadari bahwa suatu mainan dapat tampak aneh bagi Anda tetapi telah diciptakan sedemikian rupa untuk menarik perhatian anak-anak. Mainan anak-anak biasanya mencolok. Baik dari segi warna maupun bentuk, dapat digigit, gemerlap, memiliki musik dengan lagu-lagu yang menarik bagi anak-anak.

Anak-anak lebih senang dengan mainan yang memiliki berbagai macam bentuk, pop up puzzle, mainan yang dapat ditarik, dinaiki, ataupun diangkat. Anak umur 3 tahun, misalnya, lebih senang bermain dengan mainan yang lebih membutuhkan fisik seperti bermain rumah-rumahan, menggambar atau melukis.

* Beda bayi beda mainan
Bayi Anda akan tumbuh dengan pesat. Untuk dua tahun ke depan, Anda akan melihat perubahan yang signifikan, yaitu reaksi bayi terhadap Anda dan interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, zaman sekarang banyak sekali mainan bayi yang tersedia dengan kisaran harga yang sangat bervariasi untuk membantu anak menemukan dan mempelajari dunianya.

Jadi, pastikan Anda memilih mainan bayi yang sesuai dengan tahapan perkembangannya dan tidak membeli suatu mainan karena teman Anda membelikan mainan tersebut untuk anaknya sehingga Anda merasa harus membelinya untuk buah hati tersayang.

Tidak ada komentar: