Kamis, 24 Januari 2008

Handphone Sebabkan Gangguan Tidur


Jakarta, Merasa sulit tidur akhir-akhir ini? Coba pikirkan apakah Anda terbiasa mengobrol lewat handphone atau telepon genggam sebelum tidur. Jika iya, mungkin itu jadi pemicu masalah tidur Anda.

Arnetz dan tim peneliti dari Institut Karolinska, Swedia mengemukakan bahwa radiasi yang ditimbulkan oleh telepon genggam dapat mengakibatkan susah tidur, sakit kepala dan gangguan konsentrasi.

Penelitian dilakukan Arnetz dan tim pada 35 pria dan 36 wanita yang berusia sekitar 18-45 tahun. Objek penelitian yang dilakukan selama 18 bulan itu terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah yang jarang menggunakan telepon genggam sebelum tidur, dan kedua yang sering menggunakan telepon genggam, dikutip detikhot dari Health24, Rabu (23/1/2008).

Hasilnya, kelompok yang jarang memakai telepon genggam sebelum tidur biasanya hanya menderita sakit kepala sesekali. Namun kelompok yang menggunakan telepon gengam sebelum tidur secara lebih sering mengalami sakit kepala, dan sulit teridur. Kalaupun berhasil tertidur, biasanya tidur mereka tidak nyenyak.

Namun hingga saat ini, Arnetz belum mengetahui secara tepat, besarnya radiasi dari telepon genggam yang dapat mengakibatkan gangguan diatas.

Jadi ingin tidur nyenyak? Hindari telepon sebelum tidur.

1 komentar:

dwee mengatakan...

lho wi malah ga bs tdr kl blm ditelp0n si aa' hehehe
anyway, lam knal ^_^